Rabu, 25 Januari 2012

Bakauheni yang Merenda Rindu Penyesalan Cerpen karya : Badarudin


Lampung Post
Minggu, 17 Juni 2007

Bakauheni yang Merenda Rindu Penyesalan
Cerpen: Badarudin

Pelabuhan Bakauheni. Sepenggal kehidupan yang tidak pernah berhenti mendeburkan ombaknya menciptakan buih-buih bertebaran. Mungkin hingga kiamat terjadi.

Beberapa menit kapal muncul dan menghilang, kapal-kapal yang bolak-balik dari Bakauheni ke Merak atau sebaliknya. Mobil-mobil angkutan mengambil jalurnya sendiri-sendiri diatur oleh petugas, jalur sesuai dengan kuantitas dan ukuran yang telah tertulis dalam peraturan.

Jika senyap telah menyapa, ketika Tuhan telah menimbun matahari dalam dekapan-Nya di kaki langit barat seolah tenggelam dalam luasnya laut, kehidupan ini terus berjalan tak kenal henti.

Seperti Hendra yang sedari tadi menoleh kian kemari, mengamati kehidupan Bakauheni, mencari sesosok bayangan wanita yang dia tunggu-tunggu. Ayahnya yang memegang kemudi hanya berkonsentrasi mencari celah agar mobilnya mendapatkan giliran segera untuk memasuki kapal yang telah melemparkan talinya, tapi antrean yang terlalu panjang di tengah malam akan membuatnya harus bersabar.

Hendra turun karena dirasa mobil akan lama menunggu giliran masuk, dilihatnya wanita itu telah tersenyum sambil menjinjing termos dan beberapa gelas yang disusun menumpuk. Setitik kerinduan akan terobati dan dahaga tenggorokan akan terobati dengan meminum kopi sambil menghilangkan kantuk yang semakin menjalar.

"Kita menikah saja yuk Kang!"

Permintaan yang seolah menyedak Hendra yang sedang menghirup kopi yang mulai menghangat, matanya menatap sejenak mata wanita di depannya itu, mata lentik yang meluruhkan sifat buruknya, mata yang sekali ini membuatnya jatuh cinta.

"Aku sudah tidak tahan lagi hidup seperti ini, aku berdagang hanya untuk menunggu Akang datang," tatapannya selalu menimbulkan debur kegelisahan bak ombak yang mendebur, menggulung apapun yang berada di hadapannya.

Mata itu masih menatap Hendra lekat, mata lentik yang telah mampu menaklukan sifat buruk Hendra kini memburunya untuk melepaskan segala ikatan yang menghalangi mereka selama ini.

"Tapi aku masih mengumpulkan uang Nah. Setelah kurasa cukup untuk dapat hidup layak bersamamu aku pasti akan membahagiakanmu, kamu tahu aku tidak ingin melihatmu menderita lagi, tunggulah barang sejenak," pinta Hendra lirih. Matanya mencari sesuatu di mata wanita penjual kopi itu, akankah kekecewaan atau kesabaran yang akan terlihat. Wanita yang telah merubah sifat buruknya.

***

Bakauheni yang tak pernah berhenti dari aktivitasnya, kapal yang bolak-balik dari Merak ke Bakauheni atau sebaliknya, mungkin akan berhenti jika kiamat terjadi. Hendra mengemudi mobilnya sedangkan ayahnya dari rumah tadi belum menggantikannya, didekatkannya mobil berisi minyak tanah yang akan diantar bersama ayahnya ke perusahaan pengolah minyak di Pulo Gadung atau ke Kali Deres.

Hendra mengedarkan pandangannya mencoba mengobati kantuk yang mulai menghinggapi jiwanya yang telah lelah. Seorang lelaki penjual kacang rebus melewatinya sambil memamerkan dagangannya, mempromosikan, tapi tak ada ketertarikan dari wajah kantuk Hendra. Penjual kerupuk masih menyisa berkeliling dari satu mobil ke mobil lain, penjual kopi melintasinya beberapa kali.

Seorang wanita menjinjing termos dan beberapa gelas yang disusun menumpuk melewatinya sambil mendendangkan suara yang merdu.

"Kopi Mbak," Hendra meminta Ayahnya untuk menggantikan posisinya.

Wanita itu tersenyum sambil duduk dan mulai meracik kopi yang dipesan Hendra. Satu menit kemudian kopi manis itu telah siap. Wanita itu menyodorkan gelasnya kepada Hendra namun mata lelaki itu menatapnya, pandangan itu bertemu sejenak dan menciptakan daya tarik tersendiri hingga membuat mereka tersenyum kecil untuk menutupinya.

Hendra adalah lelaki yang sering keluar membawa mobil bersama ayahnya, perjakanya telah hilang seiring kelelahan yang membuatnya harus melampiaskan kecapekannya dengan membayar para kupu-kupu malam yang mencari mangsa para sopir-sopir yang kesepian di kala malam menyapa.

Rayuan mautnya telah membuat banyak wanita bertekuk lutut dalam pelukannya apalagi uang hasil kerjanya memang hanya dihamburkan untuk memenuhi sifat buruknya tersebut. Hasil kerjanya pun tak menyisa untuk kebutuhan sehari-harinya, untung sang Ayah masih selalu menolongnya, walau bagaimanapun kelakuan anak orangtua akan selalu menolongnya.

Kali ini Hendra benar-benar tak bisa berkata banyak pada wanita penjual kopi itu, merayunya pun membuat lidahnya telah beku dan kelu, hidung mungil wanita itu telah membuat dadanya berdebar, tak pernah dilaluinya getaran seperti ini seumur hidupnya.

"Ayo diminum Kang, nanti keburu dingin," wanita itu melaburkan angan yang dibangunnya, mencerna dan merekayasa imajinasi.

"Iya," nikmatnya kopi ditambah matanya yang sebentar-sebentar melirik pandang, wanita itu benar-benar membuatnya tak berkutik.

"Siapa nama Mbak?"

"Supinah, panggil saja Inah," senyum yang santun itu sekali lagi tersungging.

Merambat waktu, Hendra mempunyai semangat baru dalam bekerja, terutama untuk bertemu dengan Inah. Hubungan semula antara penjual dan pembeli kini telah menjadi hubungan janji untuk menikah, Hendra pun tak ingin menodai cinta pertama yang diakuinya, kebiasaan buruknya telah hilang tergantikan harapan pada Inah untuk mengumpulkan dana hingga dapat dia gunakan untuk membahagiakan wanita yang telah memberikan warna baru dalam hidupnya.

***

"Nikahilah dia, kamu menunggu apa lagi?" pak Sobri menyentakkan lamunan anaknya.

"Aku takut tidak bisa membahagiakannya Pak."

"Kebahagiaan itu bukan pada materi anakku, tapi pada kepercayaan. Nikahilah dia sebelum terlambat."

Hendra mencerna perkataan ayahnya sejenak, tanpa pikir panjang lagi dia meminta izin ayahnya untuk menemui Inah yang telah berkeliling kembali menjajakan kopinya.

"Nah, aku akan melamarmu secepatnya. Walau aku belum mempunyai banyak tabungan, tapi akan bekerja keras untuk kita," senyum itu meyakinkan janji Hendra.

Ada senyum kecil di wajah Inah, kekecewaan yang barusan diucapkan Hendra terobati sudah. Tak ada kata yang terucap kecuali anggukan mesra. Mereka berpisah dengan senyum yang meyakinkan hati mereka masing-masing.

***

Malam ini Hendra berniat melamar Inah walau di tengah pekerjaannya, walau di tengah Inah yang sedang menjual kopi, demi cinta yang telah merubah pribadinya dan memberi warna pada kehidupannya.

"Nah aku ingin bicara," Hendra menatap mata lentik itu sambil menyeruput kopinya, di samping Inah ada seorang anak kecil berusia 4 tahunan.

"Apa Kang."

"Malam ini aku ingin melamarmu, kebetulan kami baru pulang dari muatan dan ayah bersedia menemaniku untuk mempersuntingmu," ada semburat harapan yang memancar dari celah bibir Hendra.

"Kang, aku ingin jujur padamu. Aku tidak mempunyai keluarga lagi, kedua orangtuaku telah meninggal. Ini adalah Anakku, aku seorang janda."

Benar-benar seperti petir menyambar lenggangnya masa, tercipta dan terlihat patah-patah, seperti mematahkan harapan. Tapi tak sepatah katapun yang terucap dari bibir Hendra.

"Setelah suamiku meninggal, aku diusir dari rumah keluarganya. Aku berdagang disini karena ingin menyambung hidup dan memberi makan pada anakku. Tapi aku juga ingin jujur bahwa aku mencintai Akang. Aku harap Akang menerima aku apa adanya."

Walau mendengarkan isak lirih itu, Hendra meninggalkan begitu saja Inah yang memeluk anaknya mencoba menguatkan takdir yang menimpanya. Hendra benar-benar tertipu selama ini, keindahan warna-warni baru dalam hidupnya telah memerangkap harapannya. Hatinya benar-benar murka, namun tak kuasa memarahi wanita bermata lentik itu hingga yang dapat dilakukannya hanya berlalu dan pulang dengan segudang tumpukan amarah.

Hari-hari berlalu, Hendra merasakan luka yang teramat perih melebihi luka atau sakit dikala menimpa jasad fisiknya, luka karena cinta. Sudah begitu banyak wanita yang dia kecewakan hanya untuk memenuhi hasrat iblisnya, kini saat hatinya terluka oleh seorang wanita barulah dia sadar perbuatannya selama ini memang mendapatkan ganjaran yang setimpal.

Hidupnya kini mulai berubah, hari-harinya selalu digunakan untuk memperbaiki diri, menghilangkan sifat-sifat buruknya selama ini. Satu hal yang dia lupakan, wanita itulah yang menjadi sarana dari Tuhan untuk mengetuk hatinya, secara jujur hatinya masih menginginkan wanita tegar itu mendampingi hidupnya walau sakit hati dan kesombongan masih menghinggapi jiwanya.

"Carilah dia, bukankah dirimu tidaklah suci dibandingkan siapapun. Ingatlah ketika engkau berpaling dari satu pelukan wanita ke pelukan wanita lain. Tidakkah engkau menemukan ketegaran dalam wanita itu," pak Sobri memberi wejangan kepada anaknya sambil mengemudikan mobil. Memang selama ini Hendra banyak berubah namun lamunannya kini semakin menjadi.

"Apakah dia mau memaafkanku?" pak Sobri hanya menganggukkan kepalanya, meyakinkan.

Hendra mencari setiap penjual kopi di Bakauheni, senyumnya merekah menggantikan mendung duka yang setiap hari menyelimutinya semenjak dia memutuskan hubungan dengan Supinah. Wanita bermata lentik itu, wanita berhidung mungil itu, dimanakah engkau. Kakinya terus mencari hingga ayahnya memperingatkannya bahwa mobil hampir masuk dan berangkat menuju Merak.

Senyum cerahnya mulai sirna, keputusasaan mulai memancar, didatanginya seorang penjual kopi di pinggir tangga menuju kapal tempat naik para penumpang, "Maaf Mbak, apakah mbak tahu keberadaan Supinah yang dulu sering menjual kopi disini?"

"Maksud Mas, mbak Inah yang mempunyai anak kecil itu?"

Anggukan kepala Hendra membuat wanita itu melanjutkan kata-katanya, "Mbak Inah udah berhenti dagang, dia bilang mau pergi karena harapannya disini telah hilang. Dia sendiri bingung mau pindah kemana hanya dia bilang ingin anaknya dididik bukan disini."

Hendra berpamitan karena kapal telah meniup peluitnya, terompet menggema. Perasaan yang campur aduk hingga membuatnya semakin tersiksa. Penyesalan memang datang terlambat.

***

Pelabuhan Bakauheni. Sepenggal kehidupan yang tidak pernah berhenti, nonstop, terus mengalir bagaikan aliran laut yang selalu mendeburkan ombaknya menciptakan buih-buih bertebaran. Kehidupan yang tidak pernah berhenti, mungkin akan berhenti jika kiamat terjadi. Tambang telah dilemparkan dari kapal untuk dimasukkan ke dalam cantolannya. Tambang itu bernafas turun naik, digoyangkan kapal, dibelai ombak.

Hendra masih terpaku di samping ayahnya yang sedang mengemudi. Ayahnya beberapa kali menggelengkan kepalanya sambil membiarkan anaknya menjalani proses menuju dewasanya yang selama ini terabaikan.

Hendra mengedarkan pandangannya, mencoba mengais harapan dikala penantian keindahan memayungi sukmanya. Keyakinannya pada Inah mengalahkan keraguan yang membayang-bayangi kehidupannya. Datanglah Inah, aku tidak peduli apapun dirimu asal engkau menerimaku sepenuhnya. Aku tidak peduli jandakah dirimu, siapapun dirimu, aku akan menunggumu.

Dan penantian itu akan selalu menghiasi keindahan kehidupan. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar