ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
SMA NEGERI 33 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
MATA
PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : XII
( dua belas )
JURUSAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA)
NO
|
SK
|
KD
|
TAHPAN BERFIKIR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP
|
ALAT DAN BAHAN
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
|||||
1
|
Memahami informasi dari
berbagai laporan
|
1.1
Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
(Berpikir kritis)
|
Ø
C1
Ø
C4
|
·
Mencatat pokok-pokok isi laporan(C1).
·
Membedakan kalimat yang berupa
fakta dan yang berupa opini (pendapat) (C4).
|
Laporan
·
Laporan
kegiatan OSIS
·
Laporan
kegiatan ekstrakurikuler
|
|
√
|
|
|
|
|
Naskah
artikel dari berbagai media cetak/ elektronik
Laporan
kegiatan pembelajaran di luar kelas
|
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan
memberikan kritik dan saran
(tanggung jawab)
|
Ø
C1
Ø
C3
|
·
Mengemukakan kritik isi laporan (C1)
·
Memberikan saran untuk perbaikan
laporan (C3)
|
Laporan
·
Laporan
kegiatan OSIS
·
Laporan
kegiatan ekstrakurikuler
|
|
√
|
|
|
|
|
Naskah
artikel dari berbagai media cetak/ elektronik
Laporan
kegiatan pembelajaran di luar kelas
|
||
2
|
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam
diskusi
|
2.1
Menyampaikan gagasan
dan tanggapan
dengan alasan yang logis dalam diskusi
(Berpikir kreatif dan logis)
|
Ø
C3
Ø
C5
|
·
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis (C3).
·
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis (C3)
·
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata
sambung dalam kalimat (C5).
·
Mengajukan argumentasi yang
dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara (C5).
|
Percakapan dalam seminar
atau gelar wicara (talk show)
· Ungkapan persetujuan atau penolakan
·
Penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula
|
|
|
|
√
|
|
|
Berani
Menertawakan Diri Sendiri Sulaiman Budiman
Pedoman
yang terkait
|
2.2
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa
yang efektif
dalam diskusi
(kreatif
+ inovatif)
|
Ø
C1
Ø
C2
Ø
C3
|
·
Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku
nonfiksi (C1)
·
Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh (C2)
·
Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman (C3)
|
Buku nonfiksi
· Intisari buku
· Penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
· Hal-hal yang menarik dalam buku
· memberikan komentar
|
|
|
|
√
|
|
|
Buku
Berjudul Ubah Slogan Jadi Tindakan
Oleh
Sulaiman Budiman
|
||
3
|
Memahami artikel dan teks pidato
|
3.1
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel
melalui kegiatan membaca intensif
(rasa ingin
tahu)
|
Ø
C4
Ø
C5
|
·
Menemukan ide pokok tiap paragraf (C4).
·
Menemukan kalimat pendukung ide pokok (C4).
·
Menemukan masalah dalam artikel
(C4).
·
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat (C5).
|
Artikel ilmiah dalam media
cetak atau elektronik (internet)
·
Ide pokok
·
Masalah dalam artikel
·
Rangkuman artikel
|
√
|
|
|
|
|
|
Artikel
ilmiah dari berbagai media cetak/ elektronik
Buku-buku
penunjang
|
3.2
Membaca nyaring teks
pidato dengan
intonasi yang tepat
(menghargai)
|
Ø
C1
Ø
C3
Ø
C6
|
·
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting (C3).
·
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung (C3)
·
Membacakan teks pidato dengan
intonasi dan ekspresi yang tepat (C1).
·
Menanggapi pembacaan teks
pidato (C6)
|
Naskah pidato
·
Cara membacakan naskah
pidato
·
Cara menanggapi pembacaan
teks pidato
|
√
|
|
|
|
|
|
Teks
pidato dar internet/ media cetak
Buku-buku
penunjang
|
||
4
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas,
laporan, resensi.
|
4.1
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
(kreatif +
mandiri)
|
Ø
C3
Ø
C4
Ø
C6
|
·
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan (C4)
·
Menyusun surat lamaran pekerjaan (C3)
·
Memperbaiki surat dari segi struktur, diksi, kejelasan
kalimat, dan penggunaanEYD
(C6)
|
Contoh
surat lamaran
· Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· Struktur surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
|
|
√
|
|
|
|
Buku
yang berhubungan dengan surat-menyurat
Permendiknas
tentang surat menyurat.
|
4.2
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format
yang baku
(kreatif +
mandiri)
|
Ø
C2
Ø
C3
Ø
C4
|
·
Mengidentifikasi
struktur surat dinas (C2)
·
Menentukan
komponen-komponen surat undangan rapat
(C2)
·
Menulis surat undangan (C3)
·
Menyunting surat undangan dengan memperhatikan
penggunaan EYD, dan diksi dan bahasa (C4)
|
Contoh
surat dinas
· Unsur-unsur surat
dinas
· Struktur surat
dinas
· Penggunaan bahasa
dalam surat dinas
· Penggunaan
EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan
|
|
|
√
|
|
|
|
Buku
yang berhubungan dengan surat-menyurat
Permendiknas
tentang surat menyurat.
|
||
|
|
4.3
Menulis laporan diskusi
dengan
melampirkan notulen dan daftar hadir
(jujur + kreatif)
|
Ø
C2
Ø
C4
|
·
Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi (C2)
·
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) (C4)
·
Melengkapi laporan dengan
lampiran (C2)
|
Contoh
laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi
|
|
|
Ø √
|
|
|
|
Laporan
diskusi
|
|
4.4
Menulis resensi buku
pengetahuan berdasarkan format baku
(kreatif
+ inovatif)
|
Ø
C1
Ø
C2
Ø
C3
|
·
Mencatat identitas buku (C1)
·
Mendaftar
pokok-pokok isi (C2)
·
Mencatat
keunggulan dari isi buku (C2)
·
Mencatat
kekurangan dari isi buku (C2)
· Menulis resensi buku
dengan memperhatikan
kelengkapan unsur-unsur
resensi (C3)
· Mendiskusikan resensi
yang telah dibuat (C3)
|
Resensi
buku pengetahuan
·
unsur-unsur
resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang
penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan
|
|
|
√
|
|
|
|
Komposisi
Gorys
Keraf
Komposisi
Praktis Marwoto dkk
|
|
5
|
Memahami
pembacaan novel
|
5.1
Menanggapi
pembacaan penggalan
novel dari segi vokal, intonasi, dan
penghayatan
(tanggung
jawab+ jujur)
|
Ø
C3
|
·
Menanggapi pembacaan
penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan (C3)
|
Penggalan
novel
·
Menanggapi segi vokal
·
Intonasi
·
penghayatan
|
|
√
|
|
|
|
|
Novel
berjudul: Ayat-ayat Cinta
Buku-buku
penunjang
|
5.2
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan
penggalan novel
(kreatif + menghargai)
|
Ø
C2
|
· Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel yang dibacakan teman
(C2)
|
Penggalan
novel
|
|
√
|
|
|
|
|
Novel
berjudul: Ayat-ayat Cinta
Buku-buku
penunjang
|
||
6
|
Mengungkapkan
pendapat tentang pembacaan puisi
|
6.1
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi,
dan ekspresi yang tepat
(menghargai
+
tanggung
jawab)
|
Ø
C3
Ø
C4
|
·
Mendeklamasikan/ membacakan
puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai (C3)
·
Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas
pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (C4)
·
Menerapkan
isi pantun dalam kehidupan sehari-hari (C3)
|
· Puisi lama
(pantun)
· Menanggapi
pembacaan puisi dari segi:
|
|
|
|
√
|
|
|
Buku
kumpulan puisi lama
Majalah
Sastra Horison
|
6.2
Mengomentari
pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
(menghargai
+
tanggung
jawab)
|
Ø
C3
Ø
C4
|
· Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi baru di depan teman-teman dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai (C3)
· Menanggapi
pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (C4)
|
· Puisi baru
·
Mengomentari
pembacaan puisi dari segi
|
|
|
|
√
|
|
|
Buku
kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik
Majalah
Sastra Horison
|
||
7
|
Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
|
7.1
Membacakan
puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan
dan ekspresi yang sesuai
(kreatif + peduli)
|
Ø
C2
Ø
C3
|
·
Menandai jeda puisi karya
sendiri (C2)
·
Membacakan puisi karya
sendiri dengan memperhatikan :
·
lafal dan intonasi
·
penghayatan
·
mimik/ gerak dan ekspresi
yang sesuai (C3)
· Menentukan makna puisi karya teman (C2)
· Mengomentari puisi karya teman (C3)
|
Puisi
karya sendiri :
·
Tema
bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·
cara
membacakan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·
Makna
puisi
|
√
|
|
|
|
|
|
Puisi
karya sendiri
|
7.2
Menjelaskan
unsur-unsur intrinsik cerpen
(kreatif + jujur)
|
Ø
C1
Ø
C2
|
· Menceritakan kembali isi cerpen
(C2)
· Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen (C1)
|
· Cerpen
· Unsur-unsur
intrinsik cerpen :
· tema,
· latar,
· alur,
· penokohan/ pesan
|
√
|
|
|
|
|
|
Majalah
Sastra Horison
Kumpulan
cerpen/ media cetak/ internet
|
||
8
|
Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam
bentuk resensi dan cerpen
|
8.1
Menulis resensi buku kumpulan cerpen
berdasarkan unsur-unsur resensi
(kreatif +
tanggung jawab)
|
|
·
Menulis resensi buku
kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi (C3)
·
Menentukan keunggulan dan
kelemahan resensi buku kumpulan cerpen
(C4)
|
·Buku kumpulan cerpen
·Unsur-unsur resensi
·identitas buku
·kepengarangan
·kekurangan dan
kelebihan isi buku
·bahasa
pengarang, dll
|
|
|
√
|
|
|
|
Buku
kumpulan cerpen dari Majalah Sastra Horison
|
8.2
Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku,
peristiwa, latar)
(kreatif +
tanggung jawab)
|
Ø
C2
Ø
C3
Ø
C4
|
·
Mencatat/mendaftar
topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi
setempat) (C2)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan
memperhatikan unsur-unsur cerpen (C3)
·
Menanggapi cerpen yang ditulis teman (C4)
|
·
Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi
setempat)
·
Unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)
|
|
|
√
|
|
|
|
Teknik Mengarang,
Mochtar
Lubis
Yuk
Menulis Cerpen Oleh Gunawan Muhamad
|
||
9
|
Memahami informasi dari berbagai sumber yang
disampaikan secara lisan
|
9.1
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara
langsung
(menghargai
+ peduli + sikap yang baik)
|
Ø
C1
Ø
C3
|
·
Mencatat pokok-pokok
informasi yang disampaikan secara langsung
(C1)
· Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara (C3)
· Menulis
ringkasan isi informasi (C3)
|
Informasi
secara langsung
· pokok-pokok isi
informasi
· cara mengajukan saran
· ringkasan isi
informasi
|
|
√
|
|
|
|
|
Informasi
secara langsung
|
9.2
Mengajukan
saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui
radio/televisi
(menghargai
+ peduli + sikap yang baik)
|
Ø
C1
Ø
C2
Ø
C3
|
·
Mencatat pokok-pokok dari
isi informasi yang disampaikan melalui
radio/ televisi/ rekaman (C1)
· Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang
informasi yang disampaikan (C2)
· Menulis
ringkasan isi informasi yang disampaikan
melalui radio/ televisi/ rekaman (C3)
|
Rekaman
informasi
· pokok-pokok isi
informasi
· cara mengajukan
saran
· ringkasan isi
informasi
|
|
√
|
|
|
|
|
Rekaman
informasi dari radio/ televisi/ rekaman
|
||
10
|
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/
proposal dan pidato tanpa teks
|
10.1
Mempresentasikan program kegiatan / proposal
(kreatif + mandiri)
|
Ø
C3
Ø
C4
|
· Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara
rinci untuk mendapatkan tanggapan (C3)
·
Mengemukakan informasi tambahan
yang dapat mendukung program kegiatan/
proposal (C3)
·
Memperbaiki program
kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan (C4)
|
Program
kegiatan/ proposal
· berpresentasi
· diskusi dengan
santun berdiskusi
|
|
|
|
√
|
|
|
Komposisi
oleh
Gorys Keraf
Komposisi
Praktis Marwoto dkk
|
10.2
Berpidato tanpa teks dengan
lafal, intonasi, nada, dan sikap yang
tepat
(kreatif
+ mandiri + tanggung jawab)
|
Ø
C3
Ø
C5
Ø
C6
|
·
Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat (C3)
·
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman (C5)
·
Memperbaiki cara berpidato
dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman (C6)
|
Ide masing-masing siswa
·
Berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
|
|
|
√
|
|
|
Komposisi
oleh
Gorys Keraf
Komposisi
Praktis Marwoto dkk
|
||
11
|
Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca
cepat dan membaca intensif
|
11.1
Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat
300-350 kata per menit
(kerja keras + rasa ingin tahu)
|
Ø
C2
|
·
Menemukan ide pokok (C2)
·
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia (C2)
|
Teks 900 – 1050 kata)
·
Teknik membaca cepat
·
Rumus membaca cepat
|
√
|
|
|
|
|
|
Artikel/
berita dari berbagai media cetak/ elektronik
|
11.2
Menentukan
kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
(kerja keras + rasa ingin tahu)
|
Ø
C2
|
·
Menemukan paragraf yang
berpola induktif (C2)
·
Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif (C2)
·
Menemukan paragraf yang berpola deduktif (C2)
·
Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif (C2)
·
Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung (C2)
|
Teks yang berpola induktif dan deduktif
· Ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
· Kalimat kesimpulan
|
√
|
|
|
|
|
|
Teks
dari berbagai media cetak/ elektronik
|
||
12
|
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam
penulisan karangan berpola.
|
12.1
Menulis karangan berdasarkan topik
tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
(kreatif +
disiplin)
|
Ø
C3
Ø
C6
|
·
Menulis karangan yang
berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
(C3)
·
Menyunting karangan berpola deduktif induktif (C6)
|
Menulis karangan berpola
deduktif dan induktif dengan
memperhatiakn:
·
Ciri-ciri
·
kalimat kesimpulan
·
letak kalimat kesimpulan
·
penggunaan bahasa
|
|
|
√
|
|
|
|
Teks
dari berbagai media cetak/ elektronik
|
12.2
Menulis esai
berdasarkan topik tertentu dengan
pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
(kreatif + disiplin + tanggung jawab)
|
Ø
C3
Ø
C4
|
· Menentukan topik untuk menulis esai (C3)
·
Menyusun kerangka esai
dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup (C3)
·
Menyusun paragraf pembukaan (C3)
·
Menuliskan esai ke
dalam beberapa paragraf (C3)
·
Menyusun paragraf penutup (C3)
·
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi,
kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) (C4)
|
Esai
|
|
|
√
|
|
|
|
Contoh
esai dari media berbagai cetak/ elektronik
|
||
13
|
Memahami pembacaan teks drama
|
13.1
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang
didengar melalui pembacaan
(kreatif + jujur +
tanggung jawab)
|
Ø
C2
Ø
C4
|
·
Menemukan unsur-unsur
intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
(C2)
· Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar (C4)
|
Teks
drama
·
Unsure-unsur
intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
|
|
√
|
|
|
|
|
Buku
kumpulan drama
|
13.2
Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
(kreatif + menghargai)
|
Ø
C4
|
· Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan
konteks (C4)
|
Teks
drama
· Simpulan isi drama
|
|
√
|
|
|
|
|
Buku
kumpulan drama
|
||
14
|
Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
|
14.1
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung
dalam gurindam
(kreatif
+ menghargai + tanggung jawab)
|
Ø
C2
Ø
C3
Ø
C4
Ø
C6
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri gurindam (C2)
· Membacakan gurindam
(C3)
· Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung
dalam gurindam (C6)
· Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam (C4)
|
Teks gurindam
· Ciri-ciri gurindam
· Nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
|
|
|
|
√
|
|
|
Puisi Lama, Sutan Takdir
Alisjahbana
|
14.2
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
(kreatif
+ menghargai + tanggung jawab)
|
Ø
C3
Ø
C5
|
· Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini (C3)
· Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam (C5)
|
Teks gurindam
· Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
√
|
|
|
Puisi Lama, Sutan Takdir
Alisjahbana
Buku
yang memuat gurindam
|
||
15
|
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya
sastra yang dianggap penting pada tiap periode
|
15.1
Mengidentifikasi
tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
(kreatif + menghargai + jujur + tanggung jawab)
|
Ø
C2
Ø
C4
Ø
C6
|
·
Mengidentifikasi tema puisi
kontemporer (C2)
· Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer (C2)
· Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer (C2)
|
Kumpulan
puisi kontemporer
·
Cirri-ciri
puisi kontemporer
·
Tema
puisi kontemporer
·
Bentuk
puisi kontemporer
·
Diksi
|
√
|
|
|
|
|
|
Pengkajian
Puisi
Majalah
sastra Horison
|
15.2
Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui
membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
(kreatif + menghargai + jujur + tanggung
jawab)
|
|
·
Menentukan hasil-hasil karya
sastra penting pada tiap periode (C2)
·
Mengidentifikasi karakteristik
karya sastra pada tiap periode (C2)
·
Menemukan perbedaan
karakteristik tiap periode (C6)
· Mendiskusikan
karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa
sejarah, gaya penulisan, dll) (C4)
|
Karya sastra berdasarkan periodisasi
·
Karakteristik karya sastra
setiap angkatan/ periode
·
Perbedaan karakteristik
karya sastra setiap angkatan/ periode
|
√
|
|
|
|
|
|
Leksikon
Sastra
Karya
sastra setiap periode
|
||
16
|
Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
|
16.1
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
(disiplin +
kerja keras + jujur )
|
Ø
C2
|
· Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra (C2)
·
Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
sastra (C2)
|
Kritik dan esai
·
Ciri-ciri kritik dan esai
·
Perinsip penulisan kritik
dan esai
|
|
|
√
|
|
|
|
Kritik sastra, H.B. jassin
Buku
yang terkait dengan kritik dan esai
|
16.2
Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
(disiplin
+ kerja keras + kreatif )
|
Ø
C3
Ø
C4
|
· Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan
prinsip-prinsip kritik dan essay (C3)
·
Menyunting tulisan kritik
dan esai sastra (C4)
|
Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai
·
Ciri-ciri kritik dan esai
·
Perinsip penulisan kritik
dan esai
·
Cara menulis kritik dan esai
|
|
|
√
|
|
|
|
Kritik sastra, H.B. Jassin
Buku
yang terkait dengan kritik dan esai
|
|
Mengetahui
Kepala SMA 33 Jakarta, Jakarta,14
Juli 2011
Guru
Bidang Studi,
Dra.
Hj. DANIMAR, M.Pd. Drs.
PURWANTO, M.Pd.
NIP
196003301987032002 NIP. 196503231997031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar