Senin, 06 Februari 2012

ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR


ANALISIS STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
SMA NEGERI 33 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN  2011 – 2012

MATA PELAJARAN     :           BAHASA INDONESIA
KELAS                        :           XII  ( dua belas )
JURUSAN                    :           ILMU PENGETAHUAN ALAM  (IPA)

NO
SK
KD
TAHPAN BERFIKIR
INDIKATOR
MATERI POKOK
RUANG LINGKUP
ALAT DAN BAHAN
1
2
3
4
5
6
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
1
Memahami informasi dari berbagai laporan
1.1
Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan
     (Berpikir kritis)
Ø  C1
Ø  C4




·     Mencatat pokok-pokok isi laporan(C1).
·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat) (C4).

Laporan
·   Laporan kegiatan OSIS
·   Laporan kegiatan ekstrakurikuler





Naskah artikel dari berbagai media cetak/ elektronik
Laporan kegiatan pembelajaran di luar kelas
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
     (tanggung jawab)

Ø  C1
Ø  C3
·      Mengemukakan kritik  isi laporan (C1)
·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan (C3)

Laporan
·   Laporan kegiatan OSIS
·   Laporan kegiatan ekstrakurikuler






Naskah artikel dari berbagai media cetak/ elektronik
Laporan kegiatan pembelajaran di luar kelas















2




















Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi



2.1
Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi

     (Berpikir kreatif dan logis)

Ø  C3
Ø  C5

·    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis (C3).
·   Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis (C3)
·   Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat (C5).
·   Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara (C5).
Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show)
·   Ungkapan persetujuan atau penolakan
·     Penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula







Berani Menertawakan Diri Sendiri Sulaiman Budiman

Pedoman yang terkait
2.2
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

 (kreatif  + inovatif)
Ø  C1
Ø  C2
Ø  C3
·   Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi (C1)
·   Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh (C2)
·   Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman (C3)

Buku nonfiksi
·   Intisari buku
·   Penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
·   Hal-hal yang menarik dalam buku
·   memberikan komentar







Buku Berjudul Ubah Slogan Jadi Tindakan
Oleh Sulaiman Budiman






3














Memahami artikel dan teks pidato





3.1
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif

   (rasa ingin tahu)
Ø  C4
Ø  C5
·    Menemukan ide pokok  tiap paragraf  (C4).
·   Menemukan kalimat pendukung ide pokok (C4).
·   Menemukan masalah dalam artikel (C4).
·   Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat  (C5).

Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
·      Ide pokok
·      Masalah dalam artikel
·      Rangkuman artikel






Artikel ilmiah dari berbagai media cetak/ elektronik

Buku-buku penunjang
3.2
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
   (menghargai)
Ø  C1
Ø  C3
Ø  C6
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting (C3).
·   Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung (C3)
·   Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat (C1).
·   Menanggapi pembacaan teks pidato (C6)

Naskah pidato
·      Cara membacakan naskah pidato
·      Cara menanggapi pembacaan teks pidato






Teks pidato dar internet/ media cetak

Buku-buku penunjang
4
Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi.
4.1       
Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
(kreatif + mandiri)
Ø  C3
Ø  C4
Ø  C6
·     Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan (C4)          
·     Menyusun surat lamaran  pekerjaan (C3)
·     Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD (C6)

Contoh surat lamaran
· Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
· Struktur surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
· Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan






Buku yang berhubungan dengan surat-menyurat

Permendiknas tentang surat menyurat.
4.2
Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
(kreatif + mandiri)
Ø  C2
Ø  C3
Ø  C4
·    Mengidentifikasi struktur  surat  dinas (C2)
·    Menentukan komponen-komponen surat  undangan rapat (C2)
·    Menulis surat undangan (C3)
·    Menyunting surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EYD, dan diksi dan bahasa (C4)

Contoh surat dinas
· Unsur-unsur surat dinas
· Struktur surat dinas
· Penggunaan bahasa dalam surat dinas
· Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan






Buku yang berhubungan dengan surat-menyurat

Permendiknas tentang surat menyurat.


4.3       
Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
    (jujur + kreatif)

Ø  C2
Ø  C4

·     Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi (C2)
·     Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) (C4)
·     Melengkapi laporan dengan lampiran (C2)

Contoh laporan diskusi
· unsur-unsur laporan diskusi



Ø 



Laporan diskusi

4.4
Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
(kreatif + inovatif)
Ø  C1
Ø  C2
Ø  C3

·     Mencatat identitas buku (C1)
·     Mendaftar pokok-pokok isi (C2)
·     Mencatat keunggulan dari isi buku (C2)
·     Mencatat kekurangan dari isi buku (C2)
·    Menulis resensi buku  
  dengan memperhatikan
  kelengkapan unsur-unsur
  resensi (C3)
·    Mendiskusikan resensi
  yang telah dibuat (C3)

Resensi buku pengetahuan
·     unsur-unsur resensi antara lain:
1. identitas buku
2. isi yang penting/menarik
3. bahasa pengarang
4. keunggulan
5. kelemahan
6. kesimpulan






Komposisi
Gorys Keraf

Komposisi Praktis    Marwoto dkk
5
Memahami pembacaan novel
5.1    
Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan   
(tanggung jawab+ jujur)
Ø  C3
·    Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan (C3)

Penggalan novel
·    Menanggapi segi vokal
·     Intonasi
·     penghayatan







Novel berjudul: Ayat-ayat Cinta


Buku-buku penunjang
5.2    
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel  
      (kreatif +      menghargai)

Ø  C2
·     Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman (C2)
Penggalan novel





Novel berjudul: Ayat-ayat Cinta


Buku-buku penunjang
6
Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
6.1
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

(menghargai +
tanggung jawab)
Ø  C3
Ø  C4
· Mendeklamasikan/ membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai (C3)
·  Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (C4)
· Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari (C3)

·   Puisi lama (pantun)
·   Menanggapi pembacaan puisi dari segi:
  • lafal
  • intonasi
  • ekspresi






Buku kumpulan puisi lama

Majalah Sastra Horison
6.2
Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

(menghargai +
tanggung jawab)
Ø  C3
Ø  C4
·   Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai (C3)
·    Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat (C4)

·      Puisi baru
·      Mengomentari pembacaan puisi dari segi
  1. lafal
  2. intonasi
  3. ekspresi






Buku kumpulan puisi baru/ media cetak/ elektronik

Majalah Sastra Horison














7









Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
7.1
   Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai

  (kreatif + peduli)
Ø  C2
Ø  C3

·     Menandai jeda puisi karya sendiri (C2)
·     Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
·         lafal dan intonasi
·         penghayatan
·         mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai (C3)
·     Menentukan makna puisi karya teman (C2)
·     Mengomentari puisi karya teman (C3)

Puisi karya sendiri :
·     Tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
·     cara membacakan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
·     Makna puisi






Puisi karya sendiri
7.2
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen

      (kreatif + jujur)   


Ø  C1
Ø  C2
·   Menceritakan kembali isi cerpen (C2)
·   Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen (C1)
·     Cerpen
·     Unsur-unsur intrinsik cerpen :
·     tema,
·     latar,
·     alur,
·     penokohan/ pesan






Majalah Sastra Horison

Kumpulan cerpen/ media cetak/ internet







8






Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
8.1 
Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi

(kreatif + tanggung jawab)

· Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi (C3)
· Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen (C4)
·Buku kumpulan cerpen
·Unsur-unsur resensi
·identitas buku
·kepengarangan
·kekurangan dan   kelebihan isi buku
·bahasa pengarang, dll







Buku kumpulan cerpen dari Majalah Sastra Horison
8.2 
Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)

(kreatif +
tanggung jawab)
Ø  C2
Ø  C3
Ø  C4

·     Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) (C2)
Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen (C3)
·     Menanggapi cerpen yang ditulis teman (C4)

·        Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
·        Unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa)





Teknik Mengarang,
Mochtar Lubis

Yuk Menulis Cerpen Oleh Gunawan Muhamad

9
Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
9.1
Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung 
 
(menghargai + peduli + sikap yang baik)
Ø  C1
Ø  C3

·     Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung (C1)
·     Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara (C3)
·     Menulis ringkasan isi informasi (C3)

Informasi secara langsung
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi






Informasi secara langsung
9.2
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
(menghargai + peduli + sikap yang baik)
Ø  C1
Ø  C2
Ø  C3

·     Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman (C1)
·     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan (C2)
·     Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman (C3)


Rekaman informasi
·      pokok-pokok isi informasi
·      cara mengajukan saran
·      ringkasan isi informasi






Rekaman informasi dari radio/ televisi/ rekaman
10
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/ proposal dan pidato tanpa teks
10.1
Mempresentasikan program kegiatan / proposal 
  (kreatif + mandiri)


Ø  C3
Ø  C4

·   Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan (C3)
·   Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal (C3)
·   Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan (C4)

Program kegiatan/ proposal
·     berpresentasi
·     diskusi dengan
     santun berdiskusi






Komposisi
oleh Gorys Keraf
Komposisi Praktis Marwoto dkk
10.2
  Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat

 (kreatif + mandiri + tanggung jawab)
Ø  C3
Ø  C5
Ø  C6

·  Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat (C3)
·  Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman (C5)
·  Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman (C6)

Ide masing-masing siswa
·     Berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat






Komposisi
oleh Gorys Keraf

Komposisi Praktis Marwoto dkk








11




Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
11.1   
Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
(kerja keras + rasa ingin tahu)
Ø  C2
·    Menemukan ide pokok (C2)
·    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia (C2)


Teks 900 – 1050 kata)
·   Teknik membaca cepat
·   Rumus membaca cepat





Artikel/ berita dari berbagai media cetak/ elektronik
11.2   
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  

(kerja keras + rasa ingin tahu)
Ø  C2

·   Menemukan paragraf yang berpola induktif (C2)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif (C2)
·   Menemukan paragraf yang berpola deduktif (C2)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif (C2)
·   Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung (C2)

Teks yang berpola induktif dan deduktif
·   Ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
·   Kalimat kesimpulan





Teks dari berbagai media cetak/ elektronik









12





Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola.
12.1
  Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

(kreatif + disiplin)
Ø  C3
Ø  C6
·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (C3)
·   Menyunting karangan berpola deduktif induktif (C6)
Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatiakn:
·   Ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
·   penggunaan bahasa






Teks dari berbagai media cetak/ elektronik
12.2
  Menulis esai
  berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
  (kreatif + disiplin + tanggung jawab)
Ø  C3
Ø  C4
·   Menentukan topik untuk menulis esai (C3)
·   Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup (C3)
·   Menyusun paragraf pembukaan (C3)
·   Menuliskan esai ke dalam beberapa paragraf  (C3)
·   Menyusun paragraf penutup (C3)

·   Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) (C4)

Esai





Contoh esai dari media berbagai cetak/ elektronik









13


Memahami pembacaan teks drama
13.1
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan     
  (kreatif + jujur +
tanggung jawab)
Ø  C2
Ø  C4
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan (C2)
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar (C4)


Teks drama
·   Unsure-unsur intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat)






Buku kumpulan drama
13.2
Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
   (kreatif + menghargai)
Ø  C4
·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks (C4)

Teks drama
·   Simpulan isi drama






Buku kumpulan drama









14











Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
14.1
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  
(kreatif + menghargai + tanggung jawab)
Ø  C2
Ø  C3
Ø  C4
Ø  C6

·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam (C2)
·   Membacakan gurindam (C3)
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam (C6)
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam (C4)

Teks gurindam
·   Ciri-ciri gurindam
·   Nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)





Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana
14.2
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
(kreatif + menghargai + tanggung jawab)

Ø  C3
Ø  C5
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini (C3)
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam (C5)

Teks gurindam
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari





Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana

Buku yang memuat gurindam










15




















Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode










15.1
Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
   (kreatif + menghargai + jujur + tanggung jawab)
Ø  C2
Ø  C4
Ø  C6
·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer (C2)
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer (C2)
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer (C2)


Kumpulan puisi kontemporer
·   Cirri-ciri puisi kontemporer
·   Tema puisi kontemporer
·   Bentuk puisi kontemporer
·   Diksi






Pengkajian Puisi

Majalah sastra Horison
15.2
Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   
(kreatif + menghargai + jujur + tanggung jawab)

·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode (C2)
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode (C2)
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode (C6)
·   Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)  (C4) 

Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   Karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   Perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode






Leksikon Sastra

Karya sastra setiap periode






16







Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
16.1
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai

(disiplin + kerja keras + jujur )
Ø  C2

·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra (C2)
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra (C2)

Kritik dan esai
·   Ciri-ciri kritik dan esai
·   Perinsip penulisan kritik dan esai






Kritik sastra, H.B. jassin

Buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2
Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
  (disiplin + kerja keras + kreatif )
Ø  C3
Ø  C4

·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan essay (C3)
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra (C4)

Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·   Ciri-ciri kritik dan esai
·   Perinsip penulisan kritik dan esai
·   Cara menulis kritik dan esai





Kritik sastra, H.B. Jassin


Buku yang terkait dengan kritik dan esai
Keterangan  Ruang Ligkup :
  1. Mendengarkan    3. Membaca
  2. Berbicara             4. Meulis       
 




Mengetahui
            Kepala SMA  33 Jakarta,                                                                                                                                                      Jakarta,14 Juli 2011
                                                                                                                                                                        Guru Bidang Studi,



           Dra. Hj.  DANIMAR, M.Pd.                                                                                                                     Drs. PURWANTO, M.Pd.
            NIP 196003301987032002                                                                                                                                   NIP. 196503231997031004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar